Ini Cara Pasang Kusen Aluminium yang Tepat

Kusen

Kusen merupakan bagian penting dari bangunan yang berguna untuk meletakan daun pintu maupun jendela. Saat ini kusen aluminium banyak dijadikan pilihan karena efisiensi baik dari segi harga maupun waktu pengerjaan. Kusen ini juga cocok untuk berbagai jenis daun pintu atau jendela modern seperti kaca maupun aluminium.

“Kunjungi juga: renovasi rumah bandung

Berikut ini cara pasang kusen aluminium yang tepat agar hasilnya rapi dan tahan lama :

Buat Lubang Kusen Saat Membangun Dinding

Lubang kusen berfungsi sebagai dudukan yang mengunci kusen dengan tembok atau dinding agar mendapatkan kekuatan yang tepat. Agar Kusen terkunci sempurna pada dinding, maka pada saat anda membangun dinding pastikan lubang kusen juga turut disediakan. Membuat lubang kusen setelah dinding kering dapat mengurangi ikatan dan kekuatan kusen pada tembok.

Pastikan Lubang Kusen Tepat Dengan Kusen dan Daun Pintu atau Jendela

Pengukuran lubang kusen juga harus tepat pada tembok yang hendak dibuat. Pemasangan kusen pada lubang yang presisi membuat tidak adanya sela antara kusen dan tembok. Cara pasang kusen aluminium ke tembok sendiri biasanya dilakukan setelah tembok mengeras secara sempurna agar dapat menahan dengan baik pintu atau jendela yang nantinya akan dipasang. Oleh karena itu, kusen harus terpasang secara presisi pada tembok agar tidak mengganggu sistem operasional pintu dan jendela tersebut.

Sediakan kusen dan Daun Pintu atau jendela sebelum membuat Lubang

Ada baiknya anda menyiapkan kusen alumunium sebelum membangun tembok. Hal ini berguna agar sewaktu mendirikan tembok, pengukuran lubang kusen juga dapat dilakukan secara presisi. Dengan demikian, nantinya kusen dapat terpasang dengan tepat tanpa adanya sela atau bahkan melebihi lubang yang dibuat.

kunjungi juga: jasa bangun rumah bandung

Rangkai dan Kencangkan Kusen pada Tembok

Setelah memasang kusen pada lubang kusen, pastikan anda memberikan pengencang ekstra antara kusen dan tembok. Biasanya digunakan Skrup untuk mengunci kusen pada tembok. Bila tembok anda kurang keras, anda bisa menambahkan fischer untuk memberikan kuncian ekstra di dalam tembok sebelum dikencangi dengan skrup. Pastikan pula skrup yang anda pilih rapat kedalam kusen, sehingga pemasangan daun pintu atau jendela dapat lebih presisi. Ini juga perlu diperhatikan dalam cara pasang kusen aluminium kamar mandi

Finishing dan Rapikan

Setelah kusen terkunci dengan tembok, anda bisa melanjutkan tahap terakhir. Pasang semua aksesoris pintu atau jendela. Berikan pula penutup tambahan pada kusen baik dengan semen ataupun silicon sealent agar hasilnya lebih rapi. Lepaskan pula selotip yang biasanya menempel di ujung-ujung kusen agar hasilnya tampak indah.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *