Cara Membuat Kue Ulang Tahun


Cara membuat kue ulang tahun, kue adalah kudapan atau makanan ringan yang bukan makanan utama. Kue biasanya bercita rasa manis atau ada pula yang gurih dan asin. Kue sering kali diartikan sebagai makanan ringan yang dibuat dari adonan tepung, baik tepung beras, tepung sagu, tapioka, ataupun terigu.

Kue tradisional Nusantara lazim ditemukan di Indonesia, Malaysia, Singapura, serta Belanda melalui hubungan sejarahnya dengan Indonesia. Kata “kue” berasal dari kata serapan dari Bahasa Hokkian: 粿 koé, hal ini menunjukkan pengaruh seni memasak Tionghoa di Nusantara, beberapa kue memang menunjukkan asal mulanya dari Tiongkok seperti bakpia.

Kebanyakan kue basah adalah kue tradisional Nusantara, sementara beberapa kue lain seperti lapis legit, risoles, pastel dan panekuk menunjukkan pengaruh Eropa, yaitu Belanda dan Portugis.

Pada awalnya istilah kue memang digunakan untuk menyebut kue tradisional dan kue peranakan Tionghoa, akan tetapi kini dalam Bahasa Indonesia istilah ini telah meluas menjadi istilah yang memayungi berbagai jenis makanan ringan berbahan adonan tepung, biasanya dari tepung terigu atau tepung beras, termasuk untuk menyebut kue basah, kue kering, kue pastri, dan kue bolu.

Kue dapat dimasak dengan cara dikukus, dipanggang, atau digoreng. Kue di Indonesia biasanya dikategorikan berdasarkan kadar airnya, yaitu kue basah dan kue kering. Kue terasa lezat apabila dinikmati selagi hangat ditemani teh atau kopi sembari mengobrol dengan kerabat terdekat. Mesin penepung diskmill serbaguna.

Cara Membuat Kue Ulang Tahun

Bahan-Bahan :

  • 5 butir telur ayam
  • 1 sendok teh emulsifier (SP)
  • 200 gram gula pasir
  • 250 gram tepung terigu
  • 100 ml santan
  • 100 gram margarin, cairkan
  • vanili pasta pandan

Bahan Toping :

  • wafer cokelat
  • cokelat aneka warna
  • permen
  • butter cream

Cara Membuat :

  1. Ayak tepung terigu, sisihkan. Oleskan margarin pada loyang, taburi tipis menggunakan tepung terigu.
  2. Mixer dengan kecepatan tinggi telur, gula pasir, serta SP hingga adonan putih dan kaku.
  3. Kurangi kecepatan mixer menjadi paling rendah, masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, aduk hingga rata.
  4. Masukkan larutan santan aduk lagi hingga rata. Masukkan margarin cairnya, aduk sampai rata.
  5. Matikan mixer, aduk menggunakan spatula. Setelah itu, masukkan beberapa tetes pasta pandan.
  6. Tuang adonan di loyang dan panggang kue di oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu.
  7. Tusuk adonan menggunakan garpu atau tusuk sate. Jika tidak ada adonan yang menempel, itu tandanya sudah matang.
  8. Dinginkan kue sebelum dikeluarkan dari loyang. Potong bagian pinggiran kue dan rapikan sebelum dioles butter cream.
  9. Terakhir, kamu bisa menghiasnya dengan topping yang telah kamu siapkan.

Manfaat Kue untuk Anak-Anak

1. Memberikan Keterampilan Matematika

Dalam memasak, pasti dibutuhkan keterampilan menakar bahan yang akan digunakan. Pada saat inilah anak-anak akan menggunakan keterampilan matematikanya, seperti satuan ukur, mengurangi, menambahkan, hingga menjumlahkan.

Misalnya, dalam satu plastik terigu berjumlah 1000 gram tepung terigu sedangkan untuk membuat kue kali ini ternyata hanya membutuhkan 500 gram tepung terigu.

Anak mama harus mengurangi terigu di plastik dari 1000 gram ke 500 gram. Mama bisa membantunya dengan memberinya alat takar untuk mempermudah si Anak. Contoh lainnya, kemampuan berhitung anak dapat digunakan saat di akhir membuat kue. Untuk menghitung berapa banyak kue yang dihasilkan.

2. Menambah Pengetahuan Tentang Sains dan Kimia

Dengan membantu Mama membuat kue di dapur, anak-anak akan menambah pengetahuan tentang khasiat bahan-bahan kering yang tercampur rata, kekuatan baking powder, adonan yang tercampur rata, dan proses perubahan adonan basah menjadi kue yang kering.

Menambah pengetahuan dengan cara memasak ini dijamin ga membosankan dan membuat anak-anak senang. Jika merasa senang, pasti ilmu yang di dapat akan terekam dengan baik di memori otak anak.

3. Menjauhkan Anak dari gadget

Terkadang, saking bingungnya memilihkan aktivitas seru untuk anak, Mama membiarkan mereka bermain gadget seharian. Maka dari itu, daripada bingung, yuk ajak anak membuat kue. Dengan mengajaknya membuat kue, Mama dapat mengurangi waktu anak dalam bermain gadget.


Leave a Reply

Your email address will not be published.