Membuat Jenang Jagung


Membuat jenang jagung, jagung manis adalah salah satu kelompok budidaya/kelompok kultivar jagung yang cukup penting secara komersial, setelah jagung biasa (juga biasa disebut jagung ladang atau field corn). Keistimewaannya adalah kandungan gula (terutama sukrosa) yang tinggi pada waktu dipanen.

Pemanenan untuk produksi selalu dilakukan pada saat muda (tahap “masak susu”, kira-kira 18-22 hari setelah penyerbukan terjadi). Rasa manis pada waktu panen terjadi karena jagung ini mengalami mutasi pada satu atau beberapa gen yang mengatur pembentukan rantai polisakarida. Mesin pemipil jagung.

Sehingga bulir-bulir jagungnya gagal membentuk pati dalam jumlah yang cukup banyak. Akibat kegagalan ini, ketika mengering bulirnya akan mengeriput. Berbeda dengan jagung ladang, jagung manis biasanya tidak dijual sebagai pakan ternak, melainkan sebagai konsumsi manusia. Pengolahan jagung ini dapat direbus, dibakar, maupun dijadikan bubur.

Jagung manis dalam klasifikasi perdagangan dikelompokkan sebagai sayur-sayuran meskipun jagung ladang dikelompokkan sebagai palawija. Ini disebabkan karena jagung manis dijual segar dan mudah rusak (perishable). Rasa manis tidak bertahan lama (satu sampai empat hari saja) sehingga “masa simpan” menjadi salah satu penentu kualitas yang penting.

Membuat Jenang jagung

Bahan :

  • 450 g jagung manis pipil
  • 200 ml air
  • 200 g gula pasir
  • ½ sdt garam
  • 200 g custard powder
  • 200 ml santan kental

Cara Membuat :

  1. Masukkan jagung pipil dan air ke dalam blender, proses hingga halus. Saring.
  2. Dalam sebuah panci, masukkan sari jagung, gula pasir, garam, custard powder, dan santan. Masak di atas api kecil sambil diaduk hingga mengental.
  3. Tuang ke dalam loyang yang sudah dialasi daun pisang dan dioles minyak, ratakan. Biarkan mengeras, potong-potong. Sajikan.

Kandungan Jagung

Salah satu manfaat jagung manis yang utama adalah kandungan seratnya yang tinggi. Dan seperti yang kita ketahui, serat makanan penting untuk kesehatan kita yaitu untuk membantu pencernaan, menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2, dan kanker usus.

Selain itu, serat dalam jagung juga membantu anda tetap kenyang lebih lama. Jadi, jika anda menambahkan 100 gram jagung manis ke dalam makanan, anda mendapatkan 2,4 gram serat. Dan membuat anda tidak mudah lapar sehingga bagus untuk program diet anda.

Jagung manis juga kaya akan folat atau vitamin B9. Nutrisi ini sangat penting untuk kesejahteraan tubuh kita, terutama selama kehamilan. Folat berkontribusi pada pembentukan sel darah merah yang sehat, dan perkembangan bayi di dalam rahim.

Kandungan jagung manis yang bermanfaat berikutnya adalah vitamin tiamin atau vitamin B1. Tiamin bertanggung jawab untuk memecah makanan dalam tubuh dan mengubahnya menjadi energi serta menjaga sistem saraf tetap sehat.

Jagung juga merupakan sumber vitamin C yang baik, vitamin C menjaga kesejahteraan sistem kekebalan tubuh kita dan memerangi kelelahan, merangsang kolagen dan mendukung penyerapan zat besi.

Nutrisi lain yang ditemukan dalam jagung manis adalah magnesium dan potasium .Magnesium berperan dalam kesehatan otot dan tulang kita, metabolisme makanan menjadi energi dan membantu mengurangi kelelahan.

Sedangkan peran kalium adalah untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh kita serta membantu otot-otot kita untuk bisa rileks dan berkontraksi. Inilah sebabnya mengapa jagung manis juga dikenal menjadi camilan pasca-latihan yang baik.

Jagung manis juga enak dan sangat serbaguna; jagung telah menjadi makanan pokok selama berabad-abad dan merupakan tambahan yang bagus untuk sop, salad, atau sebagai topping pizza dan steak. Anda juga bisa mengambil bijinya langsung dari tongkolnya untuk membuat popcorn, keripik, tortilla, tepung jagung, polenta, minyak atau sirup.


Leave a Reply

Your email address will not be published.