Ciri Pinjaman Online Ilegal Paling Mudah Dikenali

Ciri Pinjaman Online Ilegal Paling Mudah Dikenali

Memilih aplikasi pinjaman online harus melalui pertimbangan yang matang karena tidak semuanya resmi. Pengguna perlu melakukan penelusuran terlebih dahulu supaya tidak salah dalam menentukan pilihannya. Berikut ciri-ciri pinjol yang legal:

1. Terdapat Situs Resmi

Memiliki situs resmi merupakan sebuah keharusan bagi setiap pinjol karena termasuk ciri yang paling mudah ditemukan oleh pengguna. segala informasi yang terkait dengan pinjol tersebut biasanya tersedia pada website resmi sehingga nasabah bisa mengaksesnya dengan mudah.

Adanya situs resmi ini menunjukkan bahwa perusahaan pinjol tersebut memang sudah serius dalam menyediakan pinjaman online kepada masyarakat. Situs ini juga perlu dilakukan pembaharuan di setiap periodenya agar informasi yang disediakan lebih update dan mampu memberi pengetahuan kepada nasabahnya.

2. Bunga dan Biaya Dijelaskan Secara Terbuka

Transparan merupakan ciri pinjaman online yang harus dikantongi selanjutnya. Siapapun akan percaya bahwa pinjol tersebut legal ketika dijelaskan mengenai bunga serta biaya angsurannya. Terdapatnya informasi terkait bunga ini akan membuat siapapun bisa mempersiapkan uangnya.

Sebelum melakukan pinjaman, pihak pinjol biasanya akan memberikan keterangan terlebih dahulu mengenai ketentuan dari peminjaman uang pada aplikasinya. Keterangan mengenai tenor, bunga, masa peminjaman pun menjadi informasi yang penting untuk disimak.

Biasanya bunga yang akan dibebankan kepada setiap nasabah berdasarkan pada banyaknya pinjaman uangnya. Selain itu, disesuaikan pula dengan masa cicilan yang dipilih langsung oleh pengguna sesuai kesanggupannya dalam membayar pinjaman uang yang sudah diambil.

3. Terdapat Kantornya

Meskipun segala proses peminjamannya dilakukan secara online, namun pinjaman online yang baik seharusnya memiliki kantor resminya guna menjalankan operasional pekerjaannya. Alamat kantor yang ditunjukkan harus jelas sehingga bisa didatangi langsung oleh nasabah.

Nasabah yang ingin menyampaikan keluhannya secara langsung bisa langsung menuju alamatnya yang tertera. Apabila setelah didatangi, namun tidak ada bangunanya bisa dipastikan bahwa pinjol tersebut ilegal dan berniat untuk melakukan penipuan terhadap banyak orang.

Beberapa ciri-ciri pinjaman online yang legal tersebut sepatutnya disimak oleh orang yang ingin mengajukan pinjaman. Melakukan pinjaman ini dirasa lebih efektif karena nasabah tidak perlu pergi kemana-mana yaitu cukup dengan mengunduh aplikasinya dan memperoleh pinjamannya.


Leave a Reply

Your email address will not be published.